Hari ini, Jumat (4/3/2022) memasuki hari keempat pelaksanaan Operasi Keselamatan 2022, yang digelar jajaran Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sulsel.

Operasi ini telah berlangsung sejak 1 Maret, hingga 14 Maret 2022. Kendati demikian, operasi ini fokus pada tindakan preventif, atau lebih kepada edukasi ke pengendara.

Seperti yang berlangsung di kawasan IMMIM, Jl Jend Sudirman, Kota Makassar, para personel lalu lintas Polda Sulsel melakukan edukasi kepada umat muslim, khususnya yang tidak mengenakan helm saat berkendara menuju masjid.

"Memakai helm ini wajib saat berkendara. Jadi tidak hanya sebagai pelindung kepala pengendara, tapi juga telah diatur dalam UU Lalulintas," kata Dirlantas Polda Sulsel, Kombes Pol Faizal.

Karena Operasi Keselamatan 2022 ini lebih pada tindakan preventif, Dirlantas juga membagi-bagikan helm kepada jamaah jumat.

"Kami memberikan helm ke jamaah, yang selama mengikuti Jumat tanpa mengenakan helem," katanya.

Ia menjelaskan, meski jamaah menggunakan peci, tetap harus menggunakan helm, ini semata-mata untuk keselamatan masyarakat saat mengendarai kendaraan.

Selain itu, Kombes Pol Faizal dan jajarannya juga membagikan masker, mengingat Kota Makassar masih dilanda wabah Covid-19.

Bg Helm-
Bg Helm

Sebelumnya saat gelar apel pelaksanaan Operasi Keselamatan 2022, Kombes Faizal meminta kepada seluruh personel di lapangan agar mengedepankan pendekatan preventif yang dilakukan secara persuasif dan humanis. Hal ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, agar tetap patuh berkendara di jalan raya.

“Untuk penindakannya lebih kepada edukasi, kecuali yang kasat mata itu tentu harus diberikan sanksi sesuai pelanggarannya, " katanya.

Ia juga mempertegas kiranya tidak ada anggota di lapangan yang melakukan tindakan represif ke pengendara. Untuk penindakan hanya kepada pelanggar yang kasat mata atau tertangkap tangan di hadapan petugas.

Ia menambahkan, dalam melaksanakan tugas, personel tidak berkumpul atau tetap menjaga jarak. Hal ini untuk mencegah penularan virus Corona, yang masih melanda.

Berikut 7 penindakan dalam Operasi Keselamatan 2022, prioritas penindakan:

1. Sanksi bagi pengendara yang tidak mengenakan helm SNI.
2. Melanggar arus.
3 . Tidak memakai sabuk pengaman.
4. Sedang mengalami pengaruh alkohol.
5. Menggunakan Hp saat berkendara.
6. Pengendara di bawah umur.
7. Kecepatan, atau ugal-ugalan.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Timur.com dengan judul Ditlantas Polda Sulsel Bagi-bagi Helm ke Jamaah Jumat: Meski Pakai Peci Tetap Wajib Mengenakan Helm!